07 October 2010

Cara install windows xp pada laptop netbook dan notebook

Keberadaan pengguna netbook dan notebook pada akhir-akhir ini semakin banyak, mulai tingkat pelajar, mahasiswa dan orang kantor tidak sedikit yang menggunakan computer jinjing tersebut. Tentunya laptop / netbook / notebook sebagaimana jenis computer terkadang juga menghadapi masalah, masalah besar yang terjadi ketika windows xp nya misalnya rusak dan perlu di install ulang, hal ini akan tidak mudah sekali melakukannya. Karena install windows xp membutuhkan CD/DVD room, sedangkan untuk jenis netbook tidak terdapat CD/DVD room internal, paling kalau ada harus membeli CD/DVD room external yang harganya masih lumayan mahal.


Seperti kasus yang terjadi pada netbook saya Acer Aspire One N450, pada saat windows nya rusak dan perlu di install ulang, pada awalnya saya cukup bingung sekali, karena install pakek CD jelas tidak bisa, karena netbook tidak ada fasilitas CD/DVD Room. Terus menggunakan flashdisk dengan langsung Copy file windows semuanya juga tidak bisa, karena tidak akan bisa booting secara otomatis. Akhirnya saya mendapatkan cara untuk meng install laptop sebagaimana petunjuk berikut:
Install laptop jenis netbook tetap menggunakan USB flasdisk, tetapi tidak kemudian hanya cukup mengcopy file Windows XP ke USB flasdik. Yaitu dengan cara mensetting flashdisk dulu menjadi bahan installan yang siap dibaca saat booting oleh netbook.

Langkah-langkahnya sebagaimana berikut:
1. Siapkan CD Program atau master Windows XP di computer lain yang bisa dipakai.
2.    Kemudian download file di bawah ini:
 3. Setelah download semua kebutuhan di atas, berikut langkah-langkahnya:
 - Ekstrak Bootsect.exe, USB_prep8 dan PeToUSB.
 - Copy-Paste PeToUSB.exe ke folder USB_prep8.
 - Doble klik usb_prep8.cmd yang ada di dalam folder USB_prep8. Jika sudah muncul tulisan “Press any key to continue,” tekan sembarang tombol untuk
 konfirmasi
4. Di layar akan muncul jendela PEtoUSB yang meminta Anda memformat USB flash diskAnda.

Tidak perlu mengubah setting apa pun, langsung klik Start untuk mulai proses format. Jawab konfirmasi sesuai kebutuhan Anda

Jika sudah selesai, tutup jendela PEtoUSB (jangan menutup jendela Command Prompt yang tadi terbuka ketika Anda menjalankan usb_prep8.bat), maka di layar akan muncul opsi-opsi dari 0 hingga 5

Gunakan opsi 1 untuk memilih sumber file instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk. kemudian, tentukan di drive mana Anda menyimpan file instalasi Windows XP. Pilih saja optical drive di mana sudah ada CD Windows XP di dalamnya, atau pilih folder pilihan Anda jika Anda telah menyalin file instalasi Windows XP ke folder tertentu.

Tekan 2 lalu enter. Masukkan huruf yang belum terpakai untuk nama drive di komputer (biasanya c,d,e,f sudah terpakai) untuk virtual drive

Pilih opsi 3 untuk menentukan di mana Anda mencolok flash disk. Kalau flash disk Anda berada di drive F:, maka ketik F dan tekan ENTER. Jika drive G: maka ketik G dan tekan ENTER, begitu seterusnya berlaku untuk drive lain

Selanjutnya pilih opsi 4 untuk mulai proses pembuatan modul instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk secara otomatis. Jawab apa pun konfirmasi yang muncul dengan Y atau YES atau OK atau bentuk persetujuan lain.
Nah proses penyiapan USB Disk selesai. USB sudah bisa dipakai untuk melakukan instalasi Windows XP. Jangan lupa setup boot manager di BIOS untuk boot dari USB.

Terus ketika instalasi, pilih nomer 2 dulu untuk text mode setup. Proses instalasi seperti instalasi XP biasa. Setelah selesai pilih pilihan nomer 1 untuk melanjutkan instalasi Windows XP.
Perlu diperhatikan bahwa jangan mencabut USB Disk sebelum proses instalasi Windows XP di netbook sebelum selesai. Saya sarankan untuk jaga-jaga di lain waktu apabila anda menghadapi masalah yang sama, belilah / sediakan USB / Flash disk yang dikhususkan untuk installasi Windows XP dan di format dengan proses di atas, sehingga apabila terjadi kerusakan pada laptop netbook tinggal install saja.

(explanation: the above article describes how to install a computer using a USB Disk on the type of notebook and netbook that does not have a CD / DVD room)

1 comments:

Unknown said...

kalau untuk windows 7 vista bisa nggak ?

Blog Archive

Categories