08 October 2010

Mengatasi file hilang di computer / USB disk yang kena virus

Virus merupakan sejenis program yang juga di buat oleh programmer dengan tujuan tertentu, yang rata-rata adalah memberikan hal yang tidak nyaman bagi pemakai computer, bermacam-macam jenis virus, ada yang hanya dibuat untuk menampilkan pesan si pembuat, ada juga hanya ingin memperlambat kerja computer, bahkan yang lebih parah merusak system pada windows.

Sekarang bagaimana mengatasi file yang terjangkit virus? Misalnya file yang ada di USB Disk atau Flashdisk kita kena virus? Apakah cukup dengan scan USB Disk dengan Anti Virus? Ternyata tidak cukup, misalnya apabila file kita kena virus jenis brontok atau Trojan yang cukup terkenal keganasannya. Hal ini tidak cukup hanya dengan menbersihkan dengan antivirus saja, karena rata-rata file tetap juga hilang.


Nah pertanyaannya, apakah file kita yang kena virus itu hilang? Sebenarnya file di computer atau USB disk kita tersebut tidak hilang, hanya di hidden oleh oleh virus, sehingga tidak tampil oleh pemilik computer, yang ditampilkan hanya jenis file .exe yang malah kalau di buka hanya akan semakin meningkatkan kinerja virus.
Cara yang pas adalah menggunakan ACDsee versi 6 ke atas, kemudian cobalah explore file kita memakai program tersebut, file yang dulunya hilang kena virus akan tampil. Kemudian setelah file tersebut setelah dibuka / explore dengan ACDsee versi 6 ke atas klik kanan, dan lihat propertiesnya biasanya di kolom sebelah kiri akan terlihat. Nah pilihan Read Only dan Hidden kita buka centangannya, setelah itu selesai, pasti file kita yang dulunya hilang akan tampil lagi.

Setelah itu coba lihat file kita di windows explorer, maka yang semula hilang akan terlihat dan dapat di buka lagi.
Kemudian apakah mengatasi file di computer cukup dengan cara windows explorer dan dengan memilih tool – folder option kemudian buka hidden nya, ternyata tidak cukup. Pengalaman saya, memakai ACDsee photo manager dengan versi 6 ke atas merupakan langkah yang efektif dan dapat mengatasi file yang hilang di computer yang disebabkan kena virus tersebut.

0 comments:

Blog Archive

Categories