19 October 2010

Booting pada laptop notebook/netbook

Tentunya untuk meng install laptop baik jenis notebook maupun netbook, sebelumnya harus menghidupkan fungsi booting, tulisan ini merupakan kelanjutan posting sebelumnya yaitu Cara install windows xp pada laptop netbook dan notebook. Fungsi booting disini prasyarat untuk dapat meng install laptop baik notebook maupun netbook, tanpa dihidupkan dulu fungsi bootingnya maka setahu saya tidak akan bisa melakukan install laptop baik jenis notebook maupun netbook, proses booting terjadinya tentunya sebelum masuk ke program windows.


Saya contohkan disini bagaimana menghidupkan fungsi booting pada laptop baik jenis notebook maupun netbook pada Acer Aspire One. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.    restart laptop kemudian setelah kondisi mati dan mau hidup lagi tekan F2 atau setup.
2.    setelah kita masuk di menu setup, pilih di menu boot tepatnya di quick boot, kemudian pilih menjadi enable. Setelah itu tekan F10 atau fungsi save and exit.
3.    laptop secara otomatis akan merestart sendiri, kemudian pilih F12 dan menu booting akan muncul
4.    pilih booting melalui USB disk selanjutnya enter, akan tetapi kita sebelumnya telah menyediakan USB disk atau Flashdisk yang dipersiapkan untuk install Windows.


Maka proses installasi Windows akan berjalan, dan tentunya anda tinggal menunggu beberapa menit sampai proses installasinya selesai, serta memenuhi perintah-perintah ketika proses installasi windows pada laptop / netbook.

0 comments:

Blog Archive

Categories